Pengertian Dosen

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam bahasa indonesia dosen adalah pengajar pada perguruan tinggi. Dosen adalah salah satu komponen Manusiawi dalam proses belajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Dengan keilmuan yang dimilikinya dia dapat menjadikan anak didik menjadi orang yang cerdas.

persyaratan sebagai dosen :

  1. Persyaratan administratif yaitu tentang kewarganegaraan (Warga Indonesia), umur (minimal 18 tahun), berkelakuan baik, mengajukan permohonan.
  2. Persyaratan teknis
    Dalam persyaratan teknis ini ada yang bersifat formal, harus berijazah
    pendidikan dosen.

  3. Persyaratan psikis
    Yang berkaitan dengan kelompok persyaratan psikis antara lain : sehat
    rohani,dewasa dalam berpikir dan bertindak, mampu mengendalikan emosi,sabar, ramah dan sopan, memiliki jiwa kepemimpinan, konsekuen dan berani, bertanggung jawab, berani berkorban dan memiliki jiwa pengabdian.

  4. Persyaratan fisik meliputi : berbadan sehat, tidak memiliki cacat tubuh yang
    mungkin mengganggu pekerjaanya, tidak memiliki gejala-gejala penyakit
    yang menular. Dalam persyaratan fisik ini juga menyangkut kerapian dan
    kebersihan termasuk bagaimana cara berpakaian.

 

Dosen harus dapat mendidik dengan baik untuk dapat membantu perkembangan kemampuan setiap mahasiswa. Dosen perlu memperhatikan setiap mahasiswa agar memahami karakter belajar siswa agar siswa pun mudah mengerti apa yang disampaikan. Dosen juga perlu menyampaikan materi yang sesuai dengan kurikulum pelajaran serta membimbing muridnya, memperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan serta menjawabnya dengan tepat,jelas dan benar.

Dosen adalah salah satu faktor pembangun generasi muda yang terpelajar, membantu memberikan bimbingan agar kelak banyak orang yang dapat memajukan bangsa lewat pendidikan yang tinggi. Jadi seorang dosen seharusnya tidak bersikap masa bodoh pada siswanya karena menganggap mereka adalah seorang murid yg telah dewasa tidak perlu banyak bimbingan,karena faktanya adalah jika dosen malas murid pun malas,seharusnya dosen dapat memacu kerajinan siswa agar mereka lebih bersemangat dalam mencapai tujuan mereka.

Leave a comment